KONSEP DASAR ALIRAN FILSAFAT PERENIALISME

Fithriani Fithriani

Abstract


ABSTRAK

Perenialisme adalah aliran filsafat pendidikan yang menekankan nilai-nilai abadi dan prinsip-prinsip universal yang bersumber dari Tuhan. Lahir sebagai reaksi terhadap pendidikan progresif, perenialisme menolak perubahan dan inovasi, dengan keyakinan bahwa kebenaran dan nilai-nilai moral yang ideal telah teruji oleh waktu dan harus dipertahankan. Filsafat ini mengajarkan pentingnya menginternalisasikan kebenaran abadi melalui pendidikan intelektual dan intuisi. Ontologi perenialisme berfokus pada esensi dan tujuan teologis, sedangkan epistemologinya menganggap pengetahuan sebagai kebenaran yang abadi. Dalam aksiologi, perenialisme menekankan nilai-nilai supernatural yang abadi dan universal. Pendidikan menurut perenialisme bertujuan mentransfer dan menginternalisasikan ilmu pengetahuan tentang kebenaran abadi, dan mendidik siswa untuk berpikir kritis dan mengembangkan potensi dasar mereka. Kelebihan perenialisme termasuk penekanan pada kebudayaan ideal dan perkembangan intelektual, sementara kelemahannya adalah penolakannya terhadap perubahan dan kurangnya perhatian pada realitas peserta didik. Perenialisme memandang perubahan sebagai sumber ketidakstabilan, sehingga menekankan pentingnya kembali ke nilai-nilai tradisional untuk mencapai stabilitas moral dan intelektual.


Keywords


Konsep, filsafat, parenialisme

Full Text:

PDF

References


Dwi, Selfia Putri, Analisis filsafat pendidikan perenialisme dan peranannya dalam pendidikan sejarah, jurnal program studi pendidikan sejarah, Vol. 9 (1) 2021.

Moch Yasyakur, dkk. Perenialisme dalam Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 10, No. 01, Februari 2021.

Muhmidayeli. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Suhartono, Suparlan (2008), Wawasan Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Udin Komarudin, Filsafat Perenialisme dalam Pemikiran Ekonomi Syariah, Vol.3, No.2.

Wulan Ghisya. 2009. Aliran Pendidikan Perenialisme.http://wulanghisya. blogspot. com/ 2009/01/aliran-pendidikan-perenialisme.html. Diunduh pada tanggal 11 oktober 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 INDEXED BY:

 

JURNAL MIMBAR AKADEMIKA: Media Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan

ISSN Print: 2527-3256

ISSN Online: 2621-9247